Halaman

Kamis, 07 Maret 2013

Trik Metematika Siswa SMP

 Ada trik mudah MM untuk tingkat SMP
ini mungkin menjadi dasar yang mudah untuk mengerjakan Soal-soal MM anda
nah, ini dia caranya....
1. Perkalian Dua Bilangan dengan Hubungan Khusus : Bilangan puluhannya bernilai sama dan jumlah bilangan satuannya adalah 10
langkah-langkah
­nya :
a) Kalikan bilangan puluhan dengan bilangan berikutnya.
b) Kalikan masing-masing bilangan satuannya.
c) Hasilnya adalah gabungan dari a) dan b).
contoh :
i. 16 x 14 = ?
a) 1 x 2 = 2
b) 6 x 4 = 24
c) Hasilnya : 224
ii. 28 x 22 = ?
a) 2 x 3 = 6
b) 8 x 2 = 16
c) Hasilnya : 616
2. Perkalian Bilangan Genap dengan 1,5; 2,5; 3,5 dst.
langkah-langkah­nya :
a) Kalikan bilangan pengali dengan 2.
b) Bilangan yang dikalikan dibagi dengan angka 2.
c) Hasil akhirnya adalah perkalian a) dan b)
contoh :
16 x 4,5 = ?
a) 4,5 x 2 = 9
b) 16 : 2 = 8
c) hasilnya : 9 x 8 = 72
3. Perkalian Satu Angka atau Dua Angka dengan 99 (0,99; 9,9; 990 dst.)
langkah-langkah­nya :
a) Kurangi bilangan tersebut dengan angka 1.
b) Kurangi bilangan 100 dengan bilangan tersebut.
c) Hasil akhirnya adalah gabungan dari a) dan b)
contoh :
15 x 99 = ?
a) 15 – 1 = 14
b) 100 – 15 = 85
c) hasilnya : 1485

4. Pengkuadratan Dua Angka Bilangan yang dimulai dengan Lima
langkah-langkah
­nya :
a) Tambahkan bilangan 25 dengan bilangan satuannya.
b) Kuadratkan bilangan satuannya.
(khusus untuk angka satuan 1, 2, dan 3, hasil kuadratnya dituliskan 01, 04, dan
09)
c) Hasil akhir adalah gabungan a) dan b)
contoh :
i. 512 = ?
a) 25 + 1 = 26
b) 12 = 01
c) hasil : 2601
ii. 592 = ?
a) 25 + 9 = 34
b) 92 = 81
c) hasil : 3481

nahh, semoga bermanfaat ;)



 --------------------------------------------------------------------------------------------------------------


There's an easy trick to MM junior level

This may be an easy base to work on your MM Problems

well, here's how ....

1. Multiplying Two Numbers with the Special Relationship: Numbers puluhannya same value and the number of unit numbers is 10

measures

It:

a) Multiply the number of tens to the next number.

b) Multiply the number of each unit.

c) The result is a combination of a) and b).

example:

i. 16 x 14 =?

a) 1 x 2 = 2

b) 6 x 4 = 24

c) The result: 224

ii. 28 x 22 =?

a) 2 x 3 = 6

b) 8 x 2 = 16

c) The result: 616



2. Multiplication Numbers Even with 1.5, 2.5; 3.5 ff.
his steps:
a) Multiply the number multiplying by 2.
b) Numbers are multiplied divided by the number 2.
c) The end result is the multiplication of a) and b)
example:
16 x 4.5 =?
a) 4.5 x 2 = 9
b) 16: 2 = 8
c) the results: 9 x 8 = 72



3. Multiplication One figure or two figures with 99 (0.99; 9.9; 990 ff.)
his steps:
a) Reduce the number with the number 1.
b) Reduce the number 100 with the number.
c) The end result is a combination of a) and b)
example:
15 x 99 =?
a) 15-1 = 14
b) 100-15 = 85
c) the results: 1485

nahh, may be useful;)


by: Indonesian, hehehe :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate it !